Sabtu, 21 April 2012

contoh laporan PSG


LAPORAN

PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
DI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
DI UNIVERSITAS JEMBER
JL. KALIMANTAN NO. 17 JEMBER


Diajukan Guna Memenuhi Prasyarat Ujian Praktek / Tugas Akhir Sekolah
Pada Program administrasi
 perkantoran SMK 4 JEMBER
Kabupaten Jember






Disusun oleh :

FITRIYATUL AZIZAH
NIS : 5281/503.118

      JURUSAN ADMISTRASI PERKANTORAN
POGRAM STUDI BISNIS DAN MANAJEMEN
BIDANG STUDI BISNIS DAN MANAJEMEN
SMKN 4 JEMBER
KABUPATEN JEMBER

                                                   JANUARI 2012



I



LEMBAR PENGESAHAN

           Yang telah dipersiapkan dan disusun oleh :
            Nama                           : Fitriyatul azizah
NISN                          : 5281/503.118
            Jurusan                        : Administrasi Perkantoran
            Program studi              : Bisnis Manajemen
            Bidang keahlian          : Bisnis Manajemen
            Nama sekolah              : SMKN 4 JEMBER
Lokasi Prakerin           : FKIP UNIVERSITAS JEMBER


Laporan ini disetujui dan disahkan pada tanggal :

                         25 januari 2012        

Menyetujui :




Pembimbing Du/Di,                                                   Guru Pembimbing,




Drs. Ahmad Yani                                         Indah Rachmawati S.Pd
NIP:196412051986031002                            NIP: 1963116 198602 2 001



Mengetahui :

Ketua Jurusan Adm. perkantoran                                               Kepala Sekolah
SMK 4 JEMBER                                                                        SMK 4 JEMBER,




         Setiawati, SE                                                                           SUNYOTO,
         NIP: 1965031 198903 2 005                                                         NIP: 19540514 198101 1 005






ii






SMKN 4 JEMBER
Kelompok Bisnis Dan Manajemen
Jl. Kartini No.1 telp./Fax (0331) 487488 jember
E – Mail :



IDENTITAS SISWA

PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)

TAHUN AJARAN 2010/2011


1.             Nama siswa                                : Fitriyatul Azizah      
2.             Kelas                                          : XI Adm. Perkantoran 1
3.             Jurusan / Program Studi             : Administrasi Perkantoran
4.                  Bidang studi keahlian                : Bisnis dan Manajemen
5.             Nomor Induk Siswa                  : 5281/503.118
6.             Tempat / Tanggal Lahir              : Jember, 05 – 04 - 1995
7.             Agama                                       : Islam
8.             Tempat Praktek Kerja               : FKIP Universitas Jember
9.             Nama Pembimbing Sekolah       : Indah Rachmawati S.Pd
10.         Nama Pembimbing Du/Di         : Drs. Ahmad Yani












iii





M O T T O

·       Kegagalan adalah awal dari kesuksesan
·       Memang baik jadi orang penting, tapi lebih penting jadi orang baik
·       Satu suri tauladn lebih baik dari pada seribu nasehat
·       Peran terbesar dalam kehidupan adalah kerja keras bukan bakat
·       Hargailah pendapat orang lain jika kamu ingin dihargai oleh orang lain
·       Orang yang sukses adalah orang yang tidak pernah berfikir dirinya kalah, ketika ia terjatuh ia akan berfikir berfikir bagaimana caranya untuk bangkit, yaitu belajar dari kesalahan
·       Pemimpin yang baik bukanlah pemimpin yang pintar dan cerdas, melainkan pemimpin yang mampu berkomunikasi dan mengajak kerja sama bawahannya.
·       hilangkan rasa malu dan gengsi dalam melakukan suatu pekerjaan karena itu hanya akan menjadi beban dalam menghadapi kesuksesan.


























IV


PERSEMBAHAN

      Laporan Praktek Kerja Industri (Prakerin) ini kami persembahkan kepada :
                  

  1. Bapak SUNYOTO, S.Sos selaku Kepala Sekolah SMK 4 jember yang telah memberikan motifasi kepada kami, sehingga kami dapat dengan mudah melaksanakan praktek kerja industri.
  2. Ibu Indah Rachmawati S,Pd selaku Pembimbing  dari sekolah SMKN 4 JEMBER, selaku pembimbing kami yang selalu membimbing dan memberi tambahan pengetahuan kepada kami selama dalam kegiatan praktek kerja industri berjalan dengan baik.
  3. Bapak Drs.Ahmad Yani. Selaku Pembimbing DU/DI di FKIP Universitas Jember
  4. Segenap staf, karyawan/karyawati dibagian Perlengkapan yang selalu memberikan pengarahan dan pelajaran kapada kami, sehingga kami dapat mengenal dunia kerja.
  5. Semua lapisan masyarakat yang telah berpartisipasi secara langsung ataupun tidak langsung dalam penyelesaian kegiatan praktek kerja industri serta dalam pembuatan  laporan ini, sehingga kegiatan kami dapat berjalan dengan baik.

Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dalam menyelesaikan Laporan ini. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT.

























v

KATA PENGANTAR

Syukur alhamdulillah kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala rahmat dan karunia-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan Prakerin ini. Laporan ini disusun untuk memenuhi salah satu syarat dalam menyelesaikan kegiatan Prakerin yang dilaksanakan di FKIP Universitas Jember. Penyusunan laporan ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak, sehingga tidak lupa kami ucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu kami secara langsung maupun secara tidak langsung, sehingga kami dapat menyelesaikan laporan ini tanpa halangan yang berarti. Kami juga menyadari bahwa masih banyak kesalahan pada penyajian laporan ini, sehingga kami akan selalu menanti kritik dan saran dari para pembaca untuk kami jadikan sebagai motifasi dan acuan agar menjadi lebih baik lagi  kedepannya.
Kami selaku penulis berharap semoga laporan yang kami sajikan ini dapat bermanfaat bagi semua pihak dan dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Jember, 25 januari 2012



Penyusun            
                                                                                                               










vi

DAFTAR ISI
Halaman Judul
Halaman Persembahan………………………………………………….I
Halaman Pengesahan…………………………………………………...II
Kata Pengantar………………………………………………………….III
Daftar isi………………………………………………………………..IV

BAB I. PENDAHULUAN
         1.1 Latar Belakang…………………………………………… ….1
         1.2 Landasan  Prakerin………………………………………… ...2
         1.3 Tujuan Prakerin…………………………………………..… ..2
         1.4 Manfaat Prakerin…………………………………………… ..2
         1.5 Metode Pengumpulan  Data………………………………… .2
         1.6 Profil FKIP UNEJ………………………………………… ....3
                                 1.6.1 Identitas FKIP UNEJ…………………………………...3
                                 1.6.2 Sejarah UNEJ………………………………………… ..3
                                 1.6.3 Struktur Organisai FKIP UNEJ……………………      ..5
                                 1.6.4 Keadaan Lingkungan Kerja………………………… …6
                                 

BAB II. KEGIATAN PRAKERIN
         2.1 Pelaksanaan Prakerin…….…………………………………. 8
         2.2 Peserta Prakerin…………………………………………… ..8
         2.3 Rincian Kegiatan Prakerin………………………………….8

BAB III. PEMBAHASAN
         3.1 Permasalahan …………………   ………………………… ..10
         3.2 Pembahasan Masalah………………………………………..10      
         3.3 Hasil Kegiatan……………………………………………… 10
         3.4 Tujuan Pembuatan Laporan Prakerin………………………..11


BAB VI. PENUTUP
         4.1 Kesimpulan………………………………………………….12
         4.2 Kritik ………………………………………………………..12
         4.3 Saran…………………………………………………………13

LAMPIRAN - LAMPIRAN
Ø  Jurnal Kegiatan 3 bulan

Ø  Jurnal Absensi 3 bulan



Vii
BAB I
PENDAHULUAN

1.1Latar Belakang
            Praktek kerja industri merupakan suatu kegiatan yang dilaksanakan disetiap sekolah kejuruan. Sesuai dengan kurikulum sekolah menengah kejuruan bahwa lulusan SMK diharapkan mampu memberikan pelayanan yang baik didunia kerja. Selain itu siswa SMK juga mampu menghadapi Era Globalisasi dimana persaingan dalam usaha semakin ketat. Sehingga dapat dikatakan bahwa pengalaman kerja sangatlah penting untuk kehidupan kita dimasa yang akan datang dan agar dapat melaksanakan UAN/UAS yang telah diprogramkan oleh Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan untuk Menambah Pengetahuan meningkatkan Kwalitas dan Kwantitas Sumber Daya Manusia.     
Didalam kegiatan sekolah ataupun di instansi sangatlah berbeda, siswa prakerin harus bisa beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat prakerin. Komunikasi dan keakraban selalu terjalin antar siswa prakerin dengan pegawai instansi tempat kita prakerin. Supaya, apabila ada kekurangan dalam mengerjakan tugas, maka pekerjaan akan tetap terselesaikan dengan baik.

                                                                                                   
1.2 Landasan Prakerin 
      Pelaksanaan Praktek Kerja Industri didasarkan pada ketentuan-ketentuan yang tertuang dalam :

1. Undang-Undang No. 2 Tahun 1989 tentang Pendidikan Nasional
2. PP No. 29 Tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah.
3. PP No. 39 Tahun 1992 tentang peran serta masyarakat dalam  Pendidikan Nasonal
4. Kepmendikbud No. 080/U/1993, tentang Kurikulum SMK
5. Kurikulum SMK Tahun 1999
6. Kurikulum SMK edisi Tahun 2004
7. Kurikulum SMK Negeri 1 Amuntai (KTSP)








1.3 Tujuan Prakerin
Penyelenggaraan Praktek Kerja Industri (Prakerin) bertujuan untuk :
  1. Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian profesional (dengan tingkat pengetahuan, keterampilan, dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja).
  2. Memperkokoh ” link and macth ” antara sekolah dengan dunia kerja.
  3. Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas profesional.
  4. Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.

1.4 Manfaat Prakerin
1.         Bagi dunia usaha / industri
a.       Meringankan pekerjaan karyawan.
b.      Mengenal lebih dalam kwalitas pegawai.
c.       Pekerjaan karyawan lebih cepat selesai karena dibantu oleh peserta Prakerin.
d.      Pemberian tugas kepada peserta Prakerin untuk memberi solusi teknik ilmu pengetahuan bagi pihak Perusahaan atau Instansi.
2.     Bagi sekolah
a.       Dapat menjalin kerja sama yang baik dengan perusahaan.
b.      Terjadinya kesesuaian dan keselarasan antara program pendidikan dengan kebutuhan dunia usaha.
c.       Menghasilkan lulusan yang sudah memiliki sikap profesional dan siap terjun kedalam dunia usaha.
3.     Bagi siswa       
a.          Hasil karya lebih bermakna sebagai pengalaman hidup dan pengembangan diri.
b.         Waktu maksimal (Line Time) untuk mencapai tingkat pendidikan yang lebih tinggi dan profesional. 
c.          Menumbuhkan rasa percaya diri, sopan, disiplin, dan terampil.
d.         Menumbuhkan sikap lebih menghargai waktu


1.5 Metodelogi Pengumpulan Data
Dalam penyusunan laporan dan karya tulis ini, kami menggunaka metode pengumpulan data:
  1. Observasi (mengadakan pengamatan)
Yaitu metode dengan cara mengamati langsung data tersebut pada pekerjaan-pekerjaan yang kami lakukan.
  1. Interview
Yaitu metode dengan cara mengadakan wawancara kepada nara sumber yang mengetahui seluk beluk tentang kantror Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.
  1. Literatur
Yaitu metode pengumpulan data dengan cara mempelajari buku-buku atau sesuatu yang ada kaitannya dengan masalah yang kami bahas.

1.6  Profil Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember      
1.6.1        Identitas FKIP UNEJ

Ø  Nama DU/DI        : Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNEJ
Ø  Alamat                  : Jl. Kalimantan No. 37 Kampus Tegal Boto
Ø  E – mail                 : http/www. Unej.ac.id./fkip
Ø   
1.6.2        Sejarah FKIP UNEJ

                Cikal Bakal Universitas Jember berasal dari gagasan dr. R. Achmad bersama – sam dengan R. Th. Soengedi dan R.M Soerachman yang bercita – cita mendirikan perguruan tinggi di jember. Untuk mewujudkan cita – citanya tersebut pada tanggal 1 april 1957, ketiganya membentuk panitia yang diberi nama panitia triumviraat dengan komposisi ketua dr. R. Achmad . penulis R. Th Soengedi, dan bendahara R. M. Soerachman .
               Selanjutnya panitia triumviraat pada tanggal 5 oktober 1957 membentuk yayasan dengan nama yayasan universitas tawang alun ( disahkan dengan akta notaris tanggal 8 maret 1958 nomor 13 di jember). Yayasan universitas tawang alun inilah yang kemudian mendirikan universitas swasta dijember dengan nama universitas tawang alun yang kemudian disingkat UNITA. Dalam perjalanannya, ketiga tokoh tersebut mendapatkan dukungan penuh oleh bupati jember saat itu R. Soedjarwo.
               Berdasarkan surat keputusan menteri PTIP No. 151 tahun 1964 tanggal 9 november 1964, tentang didirikannya universitas di jember. Usaha tanpa kenal lelah sejak tahun 1957 itu ahirnya brhasil menjadi kenyataan, universitas negeri di jember berdiri.

               Pada awal berdirinya pada tahun 1964, unigversitas negeri jember yang disingkat UNEJ,  memiliki 5 fakultas, terdiri dari fakulatas hukum di jember, dengan cabangnya di banyuwangi , fakultas sosial dan politik dan fakultas pertanian di jember, fakultas ekonomi dan fakultas sastra di banyuwangi. Dengan rektor pertama dijabat oleh Dr. R. Achmad. Kepemimpinan Dr. R. Achmad dilanjutkan oleh lektol. Soedi Harjohoedojo (1967-1969), letkol. Soetardjo, SH (1969-1978) dan letkol. Drs. H. R. Warsito (1978-1986). Baru semenjak tahun 1986, rektor universitas jember dijabat oleh sivitas akademiknya sendiri, yakni oleh Prof. Dr. Simanhadi Widyaprakosa ( 1986-1995 ), Prof. Dr. Kabul Santoso, MS (1995-2003) dan Dr. Ir. T. Sutikno, MSc sampai kini.

            1.6.3 Struktur Organisasi FKIP UNEJ
    






















Adapun rincian tugas struktur organisasi fakultas keguruan dan ilmu pendidikan adalah sebagai berikut:
v Dekan
Bertugas memimpin penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, membina tenaga kependidikan, mahasiswa, tenaga administrasi serta hubungan dengan lingkungan sekitar. Membina dan melaksanakan kerja sama dengan instasi pemerintah swaata maupun negeri dan masyarakat untuk memecahkan persoalan – persoalan yang timbul secara bersam – sama.
v Pembantu Dekan I
Bertugas menyusun rencana, member tugas dan arahan , mengkoordinasi unit kerja di bidang akademik, di lingkungan fakultas serta merumuskan kenijakan teknis dan memonitoring pelaksanaan kegiatan akademik berdasarkan peraturan perundang – undangan yang berlaku.
v Pembantu Dekan II
Bertugas menyusun rencana, member tugas dan arahan , mengkoordinasi unit kerja di bidang administrasi umum  dan keuangan fakultas, merumuskan kebijakan teknis dan monitoring pelaksanaan kegiatan daministrasi dan keuangan sesuaing dengan undang – ungang yang berlaku.
v Pembantu Dekan III
Bertugas menyusun rencana, member tugas dan arahan, mengkoordinasi unit kerja di bidang kemahasiswaan , merumuskan kebijakan teknis dan memonitoring kegiatan kemahasiswaan berdasarkan peraturan perundang – undangan yang berlaku.
v Ketua jurusan
Bertugas menyusun rencan, member petunjuk, mengkoordinasi dan mengevaluasi pelaksanaan pendidikan dan pengajaran yang dilaksanakan oleh dosen.
v Ketua Program Study
Bertugas menyusun rencan, member petunjuk, mengkoordinasi dan mengevaluasi pelaksanaan pendidikan dan pengajaran yang dilaksanakan oleh dosen di lingkungan program study.

v Kepala Bagian Tata Usaha
Bertugas menyusun rencan, mengkoordinasi dan menilai pelaksanaan kegiatan bagian tata usaha  serta memberikan layanan di bidang administrasi dilingkungan fakultas.

1.6.4 Keadaan Lingkungan Kerja
1.         Tempat kerja
Di kantor Fkip universitas jember berada di dalam wilayah kampus bumi tegalboto jalan Kalimantan no.37 jember. Merupakan fakultas keguruan dan ilmu pendidikan yang berada di gedung 3 universitas jember. Yang jauh dari keramaian jalan raya. Memiliki 3 buah gedung yaitu gedung 1, gedung 2, gedung 3, ruang tempat saya bekerja berada di gedung 3, keadaan lingkungan sekitar fakultas cukup sejuk dan bersih. Karena banyak pepohonan yang rindang, disan juga selalu dijaga kebersihannya. Sehingga dilingkungan fakultas tidak kotor.
2.       Udara
Udara ditempat kerja tidak terlalu segar apabila diluar kantor, karena banyak kendaraan yang melintas dijalan raya, sehingga asap kendaraan masuk kelingkungan kantor. Berbeda dengan udara diruangan kantor, udaranya sejuk dan tidak ada polusi, karena adanya tempat sirkulasi udara (fentilasi) yang memadai.
3.      Penerangan
Penerangan didalam ruang kerja memadai, karena adanya jendela kaca yang memungkinkan sinar matahari untuk masuk kedalam ruangan kerja dan adanya lampu penerangan yang cukup terang, sehingga ruang kerja akan selalu terang meski pada saat cuaca mendung.
4.      Ruangan Kerja
Diruangan kerja terasa nyaman, karena penerangan dan udara yang memadai serta bunyi kendaraan yang melintasi jalan raya tidak terlalu jelas, hanya saja sedikit terganggu dengan adanya suara dari mahasiswa yang mengantri minta setempel dan nomor surat, dll. Meskipun begitu ruang kerja teras lebih nyaman dengan adanya pemutaran music dari computer.




  



BAB II
2.1  Prakerin dimulai pada hari Senin, tanggal 25 Oktober 2011 sampai dengan 25 januari 2012. Dimana kegiatan setiap harinya sebagai berikut:
·   Senin – Kamis                      : Pukul 07.00 – 16.00
               Istirahat                                : Pukul 12.00 – 13.00
·   Jum’at                                  : Pukul 07.00 – 15.00
               Istirahat                                : Pukul 11.00 – 13.00
·   Sabtu – Minggu                   : L I B U R
2.2  Tugas Prakerin
Tugas Prakerin di FKIP tepatnya dibagian Perlengkapan dimana tugas yang diberikan kepada siswa Prakerin antara lain:
                 1. Menyetempel surat
               2. Memberi nomor dan tanggal pada surat
               3. Menerima surat masuk
               4. Mengantar surat kepada atasan
               5. Mengisi lembar disposisi
               6. Membuat surat
               7. Membuat daftar hadir
               8. Membuat amplop
               9. Dll..,
2.3  Peserta Prakerin
Peserta prakerin SMKN4 JEMBER di FKIP semuanya berjumlah 10 orang  siswa dan siswi yang terdiri dari satu bidang kejuruan yang sama yaitu kejuruan Administrasi Perkantoran.
NO
NAMA
TEMPAT TANGGAL LAHIR
ALAMAT
JURUSAN
1
FITRIYATUL AZIZAH
 JEMBER, 05-04-1995
W.ULO RT/RW 03/35
Adm.Perkantoran 1
2
WITA INDRIYANI
 JEMBER, 05-12-1995
Jl. kalisat Gg Opec 1/55 patemon
Adm.Perkantoran 2
3
AMANAT RIZAL B
 JEMBER, 30-12-1993
Jl. A. Yani Gg 05/76
Adm.Perkantoran 1
4
SITI NING CAHYANI
 JEMBER, 11-09-1994
Dsn Klonceng RT/RW 02/08
Adm.Perkantoran 2
5
NUNUNG NUR J.
 JEMBER, 11-06-1995
Jl. Kalisat Gg opec 1/24 patemon
Adm.Perkantoran 2
6
DEA NAVIDHA ILMA
 JEMBER, 12-12-1994
Jl. Diponegoro no. 6 kalisat
Adm.Perkantoran 1
7
NUR AFNI Y.
 JEMBER, 24-07-1994
Jl. Teuku umar 4 no 121 kbs
Adm.Perkantoran 2
8
ULFA MASRUROH
 JEMBER, 03-05-1994
Dsn darungan kec silo
Adm.Perkantoran 2
9
DIAN ROSALINA
 JEMBER, 08-02-1994
Jl. Panjaitan Gg panorama no 82
Adm.Perkantoran 1
10
FARIDAH NOFYANA
TANGGERANG,09-11-1993
Tegal Besar Permai B.17





Adm.Perkantoran 1






BAB III
PEMBAHASAN

3.1 PERMASALAHAN

Setelah 3 bulan melaksanakan Prakerin, kami mengalami beberapa kendala selama melaksanakan kegiatan tersebut, antara lain:
1.Kurangnya pengetahuan dalam melaksanakan tugas, sehingga dalam melaksanakan tugas dapat terjadi kesalahan.
Pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki tentang perkantoran masih dalam tahap pengenalan.
  1. Tidak sesuainya tugas yang dilaksanakan dengan program keahlian yang kami miliki, mengingat prosedur akuntansi di instansi merupakan rahasia kedinasan.
  2. Kurangnya ketelitian dalam melakukan ferivikasi barang, sehingga terkadang terjadi kelalaian dalam memeriksa barang yang masuk
  3. Pelaksanaan Prakerin selama 3 bulan masih tidak cukup untuk mendapatkan keterampilan

3.2  PEMECAHAN MASALAH

Untuk memecahkan masalah dan kendala ynag dihadapi, penyusun meminta bantuan kepada pembimbing, upaya yang dilakukan pembimbing prakerin yaitu:
1.      Memberikan pengarahan-pengarahan tentang prosedur kerja yang berlaku ditempat Prakerin.
2.      Mengenalkan dan memberi wawasan yang lebih kepada peserta Prakerin tentang dunia kerja dan dunia perkantoran.
3.      Selalu berusaha untuk meminimalkan kesalahan akibat kurangnya ketelitian dalam memeriksa barang yang masuk.
4.      Memaksimalkan waktu yang ada untuk memperoleh pengetahuan lebih tentang keterampilan dan pengalaman kerja yang baik.
3.3  HASIL KEGIATAN
       praktek kerja industri yang telah saya laksanakan di fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas jember telah memberikan saya wawasan, dan pemahaman, yang cukup luas tentang dunia kerja. Saya senang bisa melaksanakan Prakerin di fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, khususnya dibagian perlengkapan. Dan saya Bangga kepada sekolah SMKN 4 JEMBER. Pengalaman yang saya dapatkan selama menjalankan praktek kerja di fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas jember merupakan pengalaman yang sangat berharga, meskipun materi yang kami peroleh selama prakerin tidak berbentuk tulisan namun saya yakin bahwa say akan selalu mengingatnya.



3.4  TUJUAN PEMBUATAN LAPORAN PRAKERIN
Tujuan dari pembuatan laporan ini adalah sebagai berikut.
1.      Sebagai laporan kepada sekolah mengenai kegiatan selama menjalani kegiantan prakerin di FKIP
2.      Sebagai bukti bahwa say telah melakukan kegiatan prakerin di FKIP
3.      Sebagai latihan bagi siswa dalam membuat laporan
4.      Sebagai pengetahuan bagi siswa angkatan selanjurnya
5.      Sebagai sarat untuk mengikuti ujian nasional
6.      Dll.
























BAB IV
PENUTUP

4.1 KESIMPULAN  
Prakerin adalah kegiatan yang dipersembahkan hanya kepada para siswa dan siswi SMK  yang bertujuan agar para peserta Prakerin dapat mendapatkan pengalaman yang lebih luas tentang dunia kerja daripada siswa dari sekolah yang bukan SMK. Diharapkan dengan adanya Prakerin ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk  meningkatkan etos kerja, kedisiplinan, kesopanan dan kwalitas kerja para peserta Prakerin yang nantinya akan membedakan mereka dengan siswa dari sekolah yang bukan SMK.
Maka dari itulah kami sebagai salah satu  peserta Prakerin sangat merasakan manfaatnya untuk kami gunakan dalam kehidupan dimasa depan. Pengalaman yang kami dapatkan sangatlah berharga, berbagai masalah yang sebelumnya belum pernah  kami alami menjadikan kami menjadi lebih dewasa dan tahu betapa sulitnya mencari nafkah.
Dari semua yang kami alami selama menjadi peserta Prakerin adalah :
1.      Pengalaman adalah suatu pelajaran paling berharga yang dapat menjadi bekal apabila kami mengalami masalah yang sama dalam kehidupan dimasa yang akan datang.
2.      kami dapat merasakan bahwa mencari nafkah tidak semudah yang kami bayangkan, betapa banyak masalah dan halangan yang harus dilalui.
3.      ilmu tanpa pengetahuan dan pengalaman tidak akan cukup untuk meraih kesuksesan yang kami cita-citakan.

4.2 KRITIK DAN SARAN
1. KRITIK
Berdasarkan kegiatan Prakerin yang kami lakukan selama 3 bulan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, maka kritik yang dapat kami sampaikan adalah:
a.    Kurangnya waktu dalam melaksanakan Prakerin, sehingga pengetahuan dan pengalaman yang kami dapatkan tidak terlalu maksimal.
b.   Kedisiplinan yang diterapkan kepada pegawai dan peserta Prakerin masih kurang, sehingga kurang dapat menghargai waktu.
c.    Tidak sesuainya tugas yang diberikan kepada peserta Prakerin dengan program keahliannya, sehinnga kurang maksimal dalam memanfaatkan ilmu yang kami dapatkan.




2. SARAN
Demi kelancaran dalam pelaksanaan Prakerin bagi Sekolah Menengah Kejuruan khususnya SMKN 4 JEMBER, maka kami memberikan beberapa saran, antara lain:
a.    Menjaga hubungan baik antara sekolah dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI), agar dalam pelaksanaan Prakerin dimasa yang akan datang menjadi lebih baik..
b.   Diharapkan peserta Prakerin dapat bersikap baik dan menjaga hubungannya dengan para pegawai di tempat DU/DI, sehingga terjalin tali silaturahmi yang harmonis.
c.    Perlunya program pemanfaatan dan penerapan pengalaman yang telah didapat di DU/DI, sehingga merek dapat memanfaatkan ilmu dan pengalaman yang telah diterapkan mulai sedini mungkin.